Why business in Indonesia

Bagaimana Cara Berinvestasi dan Berbisnis di Indonesia

  • InCorp Editorial Team
  • 11 Februari 2023
  • 5 minute reading time

Mengapa berbisnis di Indonesia adalah ide yang bagus?

Berinvestasi dan berbisnis di Indonesia

No. Negara Rating (Period of Year)
2010-2012 2012-2014
1 China 1 1
2. USA 4 2
3. India 2 3
>4. Indonesia 9 4
5. Brazil 3 5
6. Australia 13 6
7. United Kingdom 7 6
8. Jerman 10 8
9. Rusia 5 8
10. Thailand 10 8

Saat ini, Indonesia menempati urutan ke-4 sebagai tujuan investasi global setelah China, Amerika Serikat, dan India. Pada kuartal pertama tahun 2013, Indonesia meningkatkan nilai Foreign Direct Investment (FDI) ke US $ 6,51 miliar , meningkat 27,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Indonesia memiliki populasi terbesar keempat di dunia, dengan 247 juta orang. Kondisi ini yang disorot oleh Financial Times pada tahun 2012, yang diberi nama Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi terbaik di Asia, termasuk persyaratan layanan iklim dan investasi.

Gambar 1.1 Indikator Makroekonomi di Indonesia 

Macroeconomics 2012 2013Q1 2013Q2 013Q3 (*prediction)
GDP Growth 6.23% 6.02% 6.31% *6.22%
Inflation 4.30% 4.70% 5.90% *6.56%
Foreign Exchange Rate IDR 9,384/USD IDR 9,694/USD IDR 9,784/USD *IDR 9,868/USD

Sumber: Bank Indonesia, INDIKATOR EKONOMI MAKRO SURVEY PERAMALAN

Indonesia memiliki kelas menengah yang sehat yang berkembang. Ini memiliki pertumbuhan PDB tahunan rata-rata di atas 6% dan 70% dari pertumbuhan ekonomi berasal dari konsumsi domestik.

Investing and doing business in Indonesia - FDI

Dibandingkan dengan periode yang sama antara 2011 dan 2012, realisasi investasi asing pada Januari – Desember 2012 adalah Rp 221 triliun (setara dengan US $ 21,97 miliar). Ini mencakup 70,6% dari total investasi, yang meningkat untuk 1,15% dari tahun sebelumnya.

Menurut Perencanaan strategis BKPM 2010-2014, BKPM menargetkan Rp 390,3 triliun  (setara dengan US $ 38,8 miliar) sebagai realisasi total investasi untuk 2013. Sebagai investasi tumbuh lebih kuat setiap tahun, itu yakin Wakil Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM ), Azhar Lubis, bahwa realisasi investasi pada kuartal kedua akan mencapai target di atas. Ia mengatakan, “Bahkan realisasi investasi di kuartal ketiga dan keempat biasanya akan melebihi target kuartalan, sehingga prestasi kuartalan pada kuartal kedua akan mengkompensasi kurangnya prestasi di dua kuartal sebelumnya.”

Indonesia Investment grow

Indonesia adalah negara berkembang. Globalisasi juga membuat Indonesia negara berkembang, dari perubahan pola gaya hidup, pola belanja, pola makan, pertumbuhan kepemilikan kendaraan, dan permintaan yang lebih tinggi untuk layanan publik dan produk yang lebih baik. Anda mungkin tahu bahwa Indonesia memiliki jalan yang paling macet di dunia. kepemilikan kendaraan di Indonesia: Berdasarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau singkatan Indonesia Gaikindo, Indonesia hanya memiliki 50 juta kendaraan. mobil lebih, lebih banyak lalu lintas? Menurut Kantor Bertindak Kebijakan Fiskal (BKF-Badan Kebijakan Fisikal) Kementerian Keuangan, Bambang Brodjonegoro membantah meningkatnya jumlah kendaraan roda empat sebagai penyebab kemacetan lalu lintas di Jakarta. Presiden Ford Asia Operations, Peter Fleet mengatakan, “Ini akan menjadi periode pertumbuhan yang cepat di Indonesia. Dengan rendahnya tingkat kepemilikan mobil dan PDB per kapita terus tumbuh, Indonesia akan lepas landas dari posisi saat ini.” Diikuti oleh LMC otomotif, Indonesia meraih rekor nasional US $ 20 juta dalam investasi asing terakhir 2012 ketika PDB naik 6,5 persen.

Pulau Batam, dinyatakan sebagai zona perdagangan bebas. Setelah beberapa tahun pembangunan yang cepat sekarang memiliki bandara modern, wisatawan dan infrastruktur masih terus berkembang. Pada Januari 2013, PT Batam Maritime Centre, penyedia layanan maritim terkemuka di kawasan ini, menandatangani Nota Kesepahaman dengan berdasarkan Indonesia PT Bima Bangun Bahari dari Sentra Bangun Harmoni Group Indonesia ini. perusahaan patungan baru ini akan membawa investasi baru sekitar US $ 2,5 miliar yang dapat berkontribusi terhadap program pengembangan ekonomi Indonesia. Heru Sudrajat, yang Indonesia Bertindak Konsulat Jenderal Dubai menandatangani MoU antara kedua belah pihak dalam pengelolaan properti 178 hektar Drydocks World dan Kelautan Dunia (DWMW) di Batam, Indonesia. Drydock Dunia dan Kelautan Dunia, Khamis Juma Buamin mengatakan bahwa proyek kerjasama investasi akan menguntungkan tidak hanya DWMW dan BBB, tetapi juga mitra bisnis dalam pengelolaan properti dan pembangunan ekonomi negara. Ia mengatakan bahwa proyek ini akan memberikan kontribusi untuk meningkatkan daya beli dan menciptakan perdagangan internasional lebih cepat.

Salah satu yang terbesar perusahaan manufaktur kontrak elektronik dari Taiwan, Hon Hai Precision Industry Co Ltd atau lebih dikenal dengan Foxconn Technology, akan membangun pabrik di Indonesia. Hal ini melaporkan investasi akan direalisasikan pada bulan Agustus 2013 dan investasi dalam proyek ini bisa mencapai US $ 10 miliar. Pada bulan Agustus, Departemen Perindustrian dan Perdagangan akan mengundang Foxconn untuk membuat pernyataan bersama terkait dengan kesiapannya untuk masuk Pasar Investasi Indonesia. Menurut Departemen Perindustrian, MS Hidayat proyek yang akan datang akan menjadi joint venture dengan perjanjian aman dari dua perusahaan lokal: Erajaya Swasembada (produsen ponsel) dan Agung Sedayu Group (pengembang properti) sebagai dasar kontraktor. Seorang juru bicara dari Foxconn, Simon Hsing mengatakan, “Kami menargetkan pasar ponsel Indonesia bernilai 2,4 miliar dolar.”

Bagaimana berinvestasi dan berbisnis di Indonesia

Sesuai dengan kebutuhan Anda, ada beberapa pilihan untuk membangun kehadiran hukum di Indonesia. prosedur akan dilakukan melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) dalam bentuk Perseroan Terbatas – Penanaman Modal Asing (PT PMA) atau Kantor Perwakilan.

1. Penanaman Modal Asing (PT PMA)

Perseroan Terbatas – Penanaman Modal Asing (PT PMA) adalah satu-satunya bentuk perusahaan diperbolehkan untuk investasi asing. Langkah pertama adalah untuk memverifikasi area bisnis Anda dalam Daftar Negatif Investasi (DNI) untuk mengkonfirmasi jika area bisnis Anda terbuka untuk investasi asing, tertutup untuk investasi asing, atau terbuka dengan pembatasan. Download daftar negatif lengkap di sini.

2. Kantor Perwakilan

ebuah Kantor Perwakilan didirikan terutama untuk tujuan pemasaran, menjual atau membeli agen, dan riset pasar. Keterbatasan utama dari Kantor Perwakilan adalah bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan penjualan langsung dan menghasilkan pendapatan. Dengan demikian, banyak investor asing membuka Kantor Perwakilan untuk mempromosikan perusahaan dan mulai tumbuh pasar sebelum mendirikan Perseroan Terbatas.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendirian badan usaha legal di Indonesia, jangan sungkan menghubungi Cekindo!

Pandu Biasramadhan

Senior Consulting Manager at InCorp Indonesia

An expert for more than 10 years, Pandu Biasramadhan, has an extensive background in providing top-quality and comprehensive business solutions for enterprises in Indonesia and managing regional partnership channels across Southeast Asia.

Are you ready to make your
mark in Indonesia?

Get in touch with us.

Lead Form

Disclaimer: The information is provided by PT. Cekindo Business International (“InCorp Indonesia/ we”) for general purpose only and we make no representations or warranties of any kind.

We do not act as an authorized government or non-government provider for official documents and services, which is issued by the Government of the Republic of Indonesia or its appointed officials.

We do not promote any official government document or services of the Government of the Republic of Indonesia, including but not limited to, business identifiers, health and welfare assistance programs and benefits, unclaimed tax rebate, electronic travel visa and authorization, passports in this website.