Membuat NPWP Pribadi Online: Persyaratan dan Cara Cek NPWP

Membuat NPWP Pribadi Online: Persyaratan dan Cara Cek NPWP

  • InCorp Editorial Team
  • 10 Juli 2024
  • 5 minute reading time

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah sebuah identitas penting yang dibutuhkan setiap warga negara Indonesia yang telah berpenghasilan. Mengapa demikian? Ini disebabkan karena NPWP digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membayar pajak hingga mengurus administrasi perbankan. Untuk peruntukannya, nomor identitas wajib pajak ini ada dua, yaitu NPWP badan dan NPWP pribadi.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara pembuatan NPWP, jangan khawatir. Mendaftarkan NPWP pribadi sangat mudah karena bisa dilakukan secara online tanpa perlu datang ke kantor pelayanan pajak. Untuk lebih lanjutnya, simak artikel ini untuk melihat pembahasan lengkap tentang NPWP pribadi, mulai dari pengertian, fungsi, persyaratan, hingga cara membuatnya secara online.

Baca juga: Pajak Perusahaan dan Pajak Penghasilan Pribadi di Indonesia

Apa Itu NPWP Pribadi?

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi adalah sebuah nomor identitas yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada wajib pajak orang pribadi. Biasanya, NPWP pribadi memiliki 15 total angka unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi orang yang masuk ke dalam kategori wajib pajak dalam sistem pajak di negara Indonesia.

Fungsi NPWP bagi Wajib Pajak yang Menjalankan Usaha atau Pekerjaan Bebas

Jika Anda menjalankan sebuah kegiatan usaha maupun mendirikan badan usaha, Anda akan mendapatkan sejumlah fungsi jika terdaftar memiliki status wajib pajak. Inilah beberapa fungsi penting yang dimaksud:

  • Membayar Pajak: Pertama, NPWP digunakan untuk melaporkan dan membayar pajak penghasilan yang didapat dari bisnis Anda, pastinya  menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku.
  • Mendapatkan Kredit: Nomor ini sangat diperlukan supaya Anda diperbolehkan mendapatkan layanan kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya.
  • Mengikuti Tender: Memiliki NPWP sering menjadi salah satu syarat supaya Anda dapat mengikuti tender proyek pemerintah atau swasta.
  • Mengurus Administrasi Perbankan: Fungsi NPWP yang terakhir adalah untuk membuka rekening bank, mengajukan kartu kredit, atau melakukan transaksi keuangan lainnya.

Persyaratan dan Syarat Membuat NPWP Pribadi bagi Wajib Pajak Orang Pribadi

Syarat pembuatan NPWP Indonesia

Untuk memiliki nomor wajib pajak, Anda perlu mengikuti sejumlah persyaratan membuat NPWP pribadi. Syarat ini bisa saja berbeda-beda tergantung pada status pekerjaan Anda. Berikut inilah adalah persyaratan untuk beberapa kategori wajib pajak orang pribadi:

Untuk Karyawan/Pekerja Kantoran

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Keterangan Kerja yang dibuatkan oleh pihak perusahaan tempat Anda bekerja

Untuk Wirausaha

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kelurahan atau izin usaha lainnya

Untuk Wanita yang Sudah Menikah

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Kartu NPWP suami
  • Fotokopi buku nikah atau akta nikah

Panduan Daftar NPWP Pribadi Secara Online di DJP

Jika Anda ingin mendaftarkan NPWP secara online, lakukan melalui website resmi Direktorat Jenderal Pajak. Berikut inilah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan:

  1. Buka website resmi Direktorat Jenderal Pajak di ereg.pajak.go.id.
  2. Pilih menu “Daftar” untuk membuat akun baru.
  3. Isilah formulir pendaftaran yang diberikan dengan data-data diri Anda. Jangan lupa untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran data tersebut.
  4. Unggah dokumen-dokumen persyaratan yang telah disiapkan.
  5. Setelah semua data terisi dan dokumen terunggah, klik “Daftar” untuk mengirimkan permohonan.
  6. Anda akan menerima email konfirmasi berisi token untuk aktivasi akun.
  7. Pencetlah tautan yang terkirim ke email untuk mengaktifkan akun Anda.
  8. Setelah akun aktif, login kembali ke situs DJP dan lengkapi semua data pendaftaran NPWP.
  9. Setelah semua data lengkap, klik opsi “Kirim Permohonan”.
  10. Tunggu proses verifikasi dari DJP. Jika permohonan disetujui, Anda akan menerima NPWP elektronik melalui email.

Cara Cek NPWP Online Melalui KPP dan Situs Resmi DJP

Setelah berhasil melakukan pengajuan NPWP pribadi, Anda perlu mengetahui cara pengecekan NPWP online. Terdapat dua cara mudah untuk mengecek nomor ini, yaitu sebagai berikut:

1. Melalui Situs Resmi DJP (ereg.pajak.go.id):

  • Kunjungi website ereg.pajak.go.id.
  • Pada halaman utama, terdapat kolom “Cek NPWP”. Masukkan nomor NPWP Anda pada kolom tersebut.
  • Jika NPWP Anda valid dan aktif, informasi terkait NPWP Anda akan ditampilkan, seperti nama lengkap, alamat, dan status NPWP. Jika tidak muncul informasi apapun, berarti NPWP Anda tidak valid atau tidak terdaftar.

2. Melalui Layanan Chatbot Kring Pajak yang Disediakan oleh KPP:

  • Buka website pajak.go.id.
  • Klik ikon chatbot Kring Pajak yang biasanya muncul di pojok kanan bawah halaman.
  • Ketik “Cek NPWP” atau pertanyaan serupa untuk memulai percakapan dengan chatbot.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan oleh chatbot. Masukkanlah nomor NPWP pribadi Anda sesuai dengan permintaan chatbot.
  • Chatbot akan memberikan informasi terkait status NPWP Anda, apakah valid, aktif, atau tidak terdaftar.

Baca juga: Permudah Proses Pendaftaran NPWP Online: Panduan Lengkap untuk Wajib Pajak

Konsultasikan Pajak Pribadi Anda Bersama InCorp Indonesia

Membuat NPWP pribadi secara online hanya membutuhkan proses yang mudah dan cepat. Dengan memiliki NPWP, Anda dapat memenuhi kewajiban perpajakan Anda dan mendapatkan berbagai manfaat lainnya. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pajak pribadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan konsultan pajak profesional seperti Incorp.

Mengapa Anda harus menggunakan jasa kami? Selama bertahun-tahun, kami mempekerjakan konsultan pajak dan akuntan yang sangat berpengalaman sehingga dapat melakukan pemeriksaan dan menganalisa laporan pajak bisnis Anda secara mendalam. 

InCorp juga selalu siap menawarkan layanan konsultasi perpajakan apapun sesuai dengan yang Anda butuhkan, Mulai dari jasa akuntansi, pelaporan pajak, hingga audit keuangan: semuanya bisa kami lakukan! Dengan ini, Anda dapat lebih menghemat pengeluaran dan mengefektifkan kinerja bisnis dengan lebih baik.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait layanan konsultasi perpajakan ini, lakukan konsultasi dengan kami! InCorp siap memberikan solusi untuk segala kekhawatiran bisnis Anda. Isi formulir di bawah untuk memulai konsultasi

Pandu Biasramadhan

Senior Consulting Manager at InCorp Indonesia

An expert for more than 10 years, Pandu Biasramadhan, has an extensive background in providing top-quality and comprehensive business solutions for enterprises in Indonesia and managing regional partnership channels across Southeast Asia.

Are you ready to make your
mark in Indonesia?

Get in touch with us.

Lead Form

Disclaimer: The information is provided by PT. Cekindo Business International (“InCorp Indonesia/ we”) for general purpose only and we make no representations or warranties of any kind.

We do not act as an authorized government or non-government provider for official documents and services, which is issued by the Government of the Republic of Indonesia or its appointed officials.

We do not promote any official government document or services of the Government of the Republic of Indonesia, including but not limited to, business identifiers, health and welfare assistance programs and benefits, unclaimed tax rebate, electronic travel visa and authorization, passports in this website.